IAIMNU METRO: MENGAUNGKAN BUDAYA LITERASI MELALUI LKTIM

  • Bagikan

Metro. Warta26,- Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung menggalar forum ilmiah melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) yang dilaksanakan di GSG IAIMNU Metro Lampung pada 30/12/2021.

Forum Ilmiah yang bertajuk “Aktualisasi Hukum, Ekonomi dan Masyarakat di Masa Pandemi Covid 19”. Diikuti oleh para mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIMNU Metro Lampung, dari Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), Hukum Ekonomi Syari’ah (HESy) dan Perbankan Syari’ah (PBS).

Karya tulis ilmiah mahasiswa dalam LKTIM ini merupakan karya tulis hasil penelitian mahasiswa yang dilakukan secara empiris, dan luaran artikel hasil LKTIM ini akan di publikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah nasional (Sinta 2) dan jurnal internasional (Scopus).

Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Wiwik Damayanti, M.E.Sy., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan budaya literasi dikalangan mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

“Saya mengapresiasi betul kegiatan LKTIM ini, dengan mengikuti LKTIM, budaya literasi dikalangan mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam semakin tinggi, dan saya berharap dengan adanya LKTIM ini kopetensi mahasiswa dalam hal seni menulis semakin baik” Katanya.

“Inilah fungsi mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan) salah satunya dengan menuangkan ide dan gagasannya melalui tulisan ilmiah, Saya berpesan kepada seuruh mahasuswa, bacalah apapun, karena jika tidak membaca apapun, maka kita tidak akan bisa menulis apapun”. Tutup Wiwik

Ketua pelaksana LKTIM 2021 Haris Santoso, M.E., dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa tujuan diadakannya LKTIM ini adalah untuk penguatan kopetensi riset atau penelitian mahasiswa.
“Selain untuk menumbuhkan budaya literasi (membaca dan menulis) dikalangan mahasiswa, LKTIM ini bertujuan untuk penguatan kopetensi riset atau penelitian mahasiswa, serta untuk menumbuhkembangkan karya tulis mahasiswa dalam bentuk penuangan gagasan atau ide kreatif yang bersifat orisinil, visioner dan implementatif untuk mencari solusi atas permasalahan yang relevan dengan green & sustainable tourism”, katanya.

Diketahui bahwa, LKTIM 2021 yang diadakan oleh Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIMNU Metro Lampung, dilakukan dengan prosedur dan tahapan yang cukup panjang, untuk menentukan karya ilmiah mahasiswa yang benar-benar berkualitas dan obyektif, dilakukan dengan tahap reviuew artikel sebagai penentu peserta nominasi yang benar-benar layak untuk memprsentasikan karya ilmiahnya di depan para dewan juri.

Adapun dewan juri LKTIM 2021 ini adalah Dr. H. A. Muslimin, Lc.M.H.I., Haris Santoso M.E., Ika Trisnawati Alawiyah, M.S.I., Annikmah Farida, M.Sy., Rita Rahmawati, M.M., dan Habib Sulthon Asnawi, M.H. Forum ilmiah melalui LKTIM 2021 telah berjalan dengan baik dan lancar, dan seluruh peserta nominasi LKTIM Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIMNU Metro Lampung mengikuti dengan antusias.

 12 x baca,  2 x hari ini

  • Bagikan