DOSEN Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIMNU Asah Kompetensi Metodologi Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset

  • Bagikan

Metro.Warta26,- Sekitar20 Dosen di lingkungan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIMNU Metro Lampung, mengikuti Workshop Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset, di ruang dosen Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam pada 24/11/21.

Agenda pelatihan ini adalah agenda pelatihan/workshop rutin yang dilakukan setiap seminggu sekali bagi Dosen Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam.

Workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II Dr. Ahmad Muslimin, LC, MHI dan sebagai narasumber para dosen dari kampus tersebut  Haris Santoso M.E.I yang menjelaskan tentang metode PAR dan aplikasinya dan Habib Shulton SH, M.H.I yang mengulas tentang konsep ABCD, dan langkah praktis yang dapat dilakukan oleh dosen selama melakukan pengabdian. danpada sesi akhir dilanjtkan teknik menyusun proposal, laporan,  dan jurnal pengabdian masyarakat berbasis riset.

Adapun tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk mendalami metodologi penelitian dibidang pengabdian masyarakat berbasis riset, yang mana dalam pelatihan kali ini dikenalkan tiga pendekatan yaitu

  1. MetodeAsset-Based Community Development/ABCD (sebagai pendekatan pengabdian kepada masyarakat dengan orientasi agar masyarakat memiliki daya untuk mengenali dan memanfaatkan segala kekuatan dan aset yang dimiliki untuk kebaikan masyarakat tersebut).
  2. Dapat juga menggunakan pendekatan Participatory Action Research/PAR, ( yang menekankan pada permasalahan yang dihadapi di masyarakat)
  3. Peneliti juga dapat menggunakan metode Community Based Research/CBR, (sebagai pendekatan yang menempatkan komunitas pada posisi yang seimbang (balance) dansetara (equitable).

Mendalami serta  mengasah metodologi pengabdian berbasis riset ini penting dilakukan sebagai upaya memberikan bekal kepada Dosen-dosen dilingkungan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam dalam penulisan  artikel  jurnal ilmiah yang fokusnya adalah artikel pengabdian maysrakat berbasis riset.

Hasil dari pelatihan metodologi pengabdian berbasis riset ini adalah menghasilkan luaran dalam bentuk artikel jurnal, yang kemudian akan disubmit ke OJS jurnal-jurnal pengabdian masyarakat yang ada diberbagai perguruan tinggi diseluruh Indoensia.

Sebelum dialukan submit, artikel-artikel jurnal dilakukan evaluasi substansi dan metodologi terlebih dahulu, judul artikel jurnal yang dilakukan evaluasi adalah diantaranya tentang “Pemberdayaan Masyarakat dalam Devirsivikasi Limbah Kayu Menjadi Kerajinan Wall Décor Flower Pada Komunitas Omah (TBC), judul lain yaitu tentang “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Limbah Pohon Pisang Sebagai Pakan Ruminansia”. Secara umum kegiatan workshop hari ini berjalan lancar dan mendapatkan animo yang baikdari para peserta workshop.

 2 x baca,  2 x hari ini

  • Bagikan